Selasa, 05 April 2011

CARA MEMBUAT GAME

software yang harus dipelajari
Sebenarnya banyak pilihan software yang bisa digunakan untuk membikin game seperti Haxe/Flash, Blitzbasic, Blitzmax, Blitz3D, C/C++, Delphi, Visual Basic, Pure Basic, Free Basic, Dark Basic, 3D Game Studio, dll.

Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pelajarilah kekurangan dan kelebihan dari tiap software tersebut sebelum memulai belajar.

Mulailah dari yang gampang
Bagi pemula, saya sarankan anda untuk memilih software yang termasuk dalam keluarga BASIC, karena sesuai namanya, software ini cocok untuk pemula. Software yang termasuk keluarga basic biasanya ada kata-kata basic dalam nama softwarenya seperti Blitzbasic, Dark Basic, Pure Basic, dll.

Dalam belajar suatu bahasa pemrograman yang perlu diketahui adalah bahwa semakin gampang suatu bahasa untuk dipelajari, maka semakin banyak kekurangan yang dimiliki oleh bahasa tersebut.

Untuk saat ini, bahasa pemrograman yang paling sulit adalah C/C++, tapi sesuai dengan kesulitannya, maka bahasa pemrograman ini adalah bahasa yang memiki peringkat tertinggi dalam hal “respect” oleh para programmer.

Hindari Flame War
Flame War adalah istilah untuk perang berkepanjangan antara para pendukung software/pendapat tertentu yang sering muncul dalam diskusi-diskusi di forum.
Sejauh mungkin hindarilah Flame War dengan para pengguna software yang lain, karena hal ini tidak ada gunanya. Banyak orang yang membenci bahasa BASIC karena dianggap bikin otak tumpul dan berbau microsoft. Kalau dibahas akan panjang dan anda akan bingung sendiri karena tidak ada bahasa pemrograman yang sempurna.

Pilihlah bahasa pemrograman yang sesuai untuk anda, dan tidak perlu ambil pusing dengan apa yang dikatakan oleh orang lain. Teruslah belajar hingga anda bisa menentukan sendiri apa yang baik untuk anda.

Memulai dari Authoring Tool
Authoring Tool adalah software yang digunakan untuk membuat game tanpa harus mengetik code. Dengan menggunakan Authoring Tool anda bisa membuat game dengan lebih mudah dan cepat.

Authoring Tool dibenci oleh para programmer karena dianggap sebagai gerakan pembodohan. Namun sekali lagi anda tidak perlu ikut dalam perdebatan tiada akhir seperti ini. Gunakan Authoring Tool bila anda termasuk sangat pemula dan ingin membuat game dengan cepat tanpa harus terlalu banyak berpikir.

Contoh dari authoring tool adalah gamemaker, rpgmaker, fpscreator, dll

Authoring Tool memiliki banyak kekurangan antara lain karena hanya bisa digunakan untuk membuat satu atau beberapa jenis game saja. Jika ingin belajar membuat game sesungguhnya, maka sebaiknya jangan terlalu menggantungkan diri dari Authoring Tool karena anda tidak akan dapat belajar banyak dari software jenis ini.

Game apa yang pertama kali harus dibuat
Dalam dunia pemrograman, ada aturan tidak tertulis mengenai game pertama yang harus dibuat. Biasanya game pertama yang harus dikuasai oleh programmer pemula adalah Pong, Space Invader dan Tetris. Sebenarnya menurut saya pribadi, game tetris tidak bisa dikategorikan sebagai game untuk pemula, tapi banyak yang menganjurkan untuk membuat game Tetris karena akan melatih skill anda.

Pong adalah sejenis game dimana anda harus mengendalikan bola yang memantul dan menghancurkan semua object seperti game arcanoid. Space Invader adalah game bertema perang dengan menggunakan pesawat dimana anda harus menembak semua lawan, Space Invader lebih sering dikenal dengan game kapal-kapalan.

Pengetahuan lain yang dibutuhkan
Kalau anda senang membuat game, maka anda harus mulai belajar Matematika dan Fisika terutama yang berhubungan dengan teori dasar yang dulu mungkin paling tidak anda sukai. Kalau anda termasuk orang yang tidak suka dengan ilmu-ilmu matematika seperti calculus, matrix, trigonometri, aritmatika, dan ilmu-ilmu alam dasar yang lain seperti fisika maka kemungkinan anda tidak akan bisa bertahan lama di dunia pemrograman game.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar